Saturday 10 February 2018

Ikan Monkfish Serta Rahasianya Untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Ikan Monkfish


Perawakan ikan monkfish ini menyerupai lele raksasa yang mempunyai kulit berwarna coklat gelap, mulut yang cukup lebar saat menganga disertai gigi yang cukup tajam dan tubuh yang berlendir  yang diselimuti tekstur kulit yang keras. terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar.

Ikan aneh ini mirip dengan ikan ikan lele, yaitu sama-sama memiliki cambang dan merupakan penghuni dasar air, tapi rasanya yang ringan dan segar membuat ikan ini sebagai bahan pokok untuk membuat gourmet. Ikan ini kini sudah pulih setelah mengalami kepunahan, tapi pukat harimau mengancam habitat tempat tinggal ikan ini.


Perlu anda ketahui bahwasanya Ekor dari ikan ini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Banyak Ahli mengatakan bahwa kandungan protein dari ekor monkfish ini sama dengan lobster. Dan juga ekor ikan ini banyak yang  menggemari dikarenakan sangat besar dan lembut serta rendah lemak.

Ikan monkfish sering menghabiskan waktunya didasar laut untuk mencari mangsa. Monkfish dapat anda temukan di samudra pasifik, arktik, hindia, atlantik, serta laut mediterania.

Ikan monkfish memiliki antena yang terdapat diatas mulutnya.  Monkfish adalah ikan karnivora, mulutnya besar dan bergigi. Agar bisa menyerang ikan lain, mulutnya sedikit menghadap ke atas. Di bagian atas mulut terdapat antena yang bisa digerak-gerakkan sebagai umpan penarik  perhatian mangsa untuk mendekatinya . Sinar fin yang bisa bergerak ke segala arah. Esca ini digunakan sebagai daya tarik untuk menarik perhatian ikan lain, Ikan monkfish biasanya menelan mangsanya utuh-utuh. Percobaan telah menunjukkan bahwa apakah mangsa tertarik pada iming-iming atau tidak bukanlah hal yang benar-benar relevan, karena tindakan rahang adalah refleks otomatis yang dipicu oleh kontak dengan esca. Ikan ini juga sering naik ke permukaan laut untuk menyerang burung laut.


Ikan monkfish (atau headfish) adalah nama bahasa Inggris dari sejumlah jenis ikan di barat laut Atlantik, terutama spesies genus anglerfish Lophius dan genus malaikat Squatina. Istilah ini juga kadang-kadang digunakan untuk monster laut Eropa yang lebih sering disebut biksu laut.

Ikan sungut ganda, adalah nama lain dari ikan monkfish ini, masuk kedalam ordo ikan bertulang sejati dari ordo Lophiiformes

Lophius memiliki tiga filamen panjang yang tumbuh dari tengah kepala, Ini adalah tiga duri pertama yang terpisah dan dimodifikasi dari sirip punggung anterior. Seperti pada kebanyakan spesies anglerfish, filamen terpanjang adalah yang pertama (illicium), yang berakhir dengan pertumbuhan daging yang tidak teratur (esca).

Panjangnya mampu  tumbuh lebih dari 1,5 m (5 kaki); spesimen 1 m (3 kaki) biasa terjadi. Spesimen tercatat terbesar beratnya 115 kg (253 lb) dan tertangkap pada 7 Januari 2012 oleh Frank-Rune Kopperud dari Norwegia. [2] Pemegang rekor sebelumnya adalah spesimen 99,4 kg (219 lb).

Salah satu ikan dengan penampakan menakutkan, disebut  juga ankimo oleh penduduk jepang ini juga bisa diubah menjadi sajian lezat. Hati atau liver dari ikan monster satu ini jadi salah satu hidangan terbaik di Jepang. Bahkan rasanya menandingi makanan termahal foie gras.



Hati monkfish disajikan dengan saus ponzo yang memiliki rasa yang tajam. Sebelum disajikan bahan makanan ini dibersihkan dengan garam dan dibilas dengan anggur beras (tradisi pengolahan ahli masakan jepang).



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...